Wednesday, May 6, 2015

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Melalui Internet (Online)

Cara cepat belajar bahasa inggris di internet
Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk belajar tentang apapun. Pengalaman, di sekolah, travelling, hobi ataupun belajar melalui internet. Salah satu kemampuan yang harus kita miliki saat ini adalah kemampuan berkomunikasi. Sederhananya. Komunikasi itu adalah kontak yang dilakukan antara 2 orang atau lebih dengan tujuan tertentu dengan bahasa tertentu.

Di era global saat ini, kemampuan berkomunikasi dengan bahasa inggris sangat urgent. Apalagi Indonesia saat ini sudah memasuki era pasar bebas. Ini artinya akan banyak sekali orang asing yang memasuki Indonesia dengan berbagai tujuan, entah itu sekedar liburan atau tujuan perdagangan dll.

Jika tidak menguasai bahasa inggris, maka kita akan jauh ketinggalan. Lalu pertanyaannya, ke mana dan bagaimana kita belajar bahasa inggris? Satu hal yang lebih mudah dan simple saat ini adalah belajar bahasa inggris melalui internet.


Berikut beberapa keuntungan belajar bahasa inggris melalui internet

Biaya yang minim

Internet saat ini seperti kebutuhan yang tidak terpisahkan dari anak muda. Untuk keperluan apa saja. Seperti berbelanja online, jejaring sosial bahkan untuk belajar. Dengan hanya membeli paket data internet perminggu atau perbulan (mulai dari Rp 20.000 – 50.000), kamu sudah bisa secara bebas belajar bahasa inggris melalui internet. Budget ini lebih minim jika dibanding dengan mengikuti kursus khusus belajar bahasa inggris.

Banyak materi yang tersedia

Ada banyak sekali materi yang bisa kamu pelajari di internet, mulai dari materi bacaan, sekaligus dengan prakteknya melalui audio dan video. Kamu hanya tinggal pilih, topik apa yang ingin kamu pelajari.

Tidak terikat tempat dan waktu

Tidak seperti belajar di sekolah, kursus dan kuliah. Belajar bahasa inggris melalui internet tidak terikat tempat dan waktu. Artinya, kamu bisa belajar di manapun dan kapanpun asalkan ada koneksi internet.

Kelemahannya

Tidak ada tutor/guru

Iya, belajar bahasa inggris yang efektif itu harusnya perlu tutor. Tampaknya kamu harus bekerja keras untuk terus belajar dan praktek.

Kurang efektif

Belajar secara otodidak di internet biasanya tidak efektif. Banyak hal yang mempengaruhi. Seperti kedisiplinan, rasa bosan, kurangnya pemahaman dll.

Jaringan

Karena belajar mealui internet, maka harus ada jaringan internet. Jika pada suatu saat kamu ingin belajar internet di tempat terpencil, maka akan sangat sulit untuk membuka internet.

Tips belajar bahasa inggris melalui internet

# Set your gouls

Tuliskan semua apa tujuan kamu belajar bahasa inggris secara umum dan detail. Lalu tempelkan di dinding kamar. Ingat baik-baik tujuan-tujuan tersebut dan berusahalah untuk mencapainya.

# Rutin

Meski belajar melalui internet, bukan berarti kamu harus semaunya. Atur jadwal belajar mu dan cobalah untuk belajar secara rutin. Apakah seminggu 2 kali, 4 kali dan seterusnya. Belajar secara konsisten akan menghasilkan hasil belajar yang maksimal.

# Download dan pelajari

Karena belajar melalui internet maka kamu akan selalu berhubungan dengan kata-kata “Upload” dan “Download”. Mengenai materinya, download sebanyak mungkin materi baik itu video ataupun ebook  yang berhubungan dengan topik belajar yang kamu pelajari saat ini. Simpan di folder yang sudah kamu siapkan sebelumnya di komputer ataupun Hp lalu pelajari!

# Praktekkan

Belajar tanpa praktek itu ibarat pohon tanpa buah, maka tidak akan menghasilkan apapun. Pelajari secara baik materi-materi yang ada, lalu praktekkan sesaat setalah kamu belajar. Kamu juga bisa langsung praktek di internet. Seperti berkimunikasi dengan orang asing melalui jejaring sosial.

# Monitoring progres

Cek kemampuan bahasa inggris mu sekarang. Jika progres nya meningkat maka lanjut kan. Jika tidak meningkat maka teruslah belajar hingga kamu mencapai tujuan yang kamu tempel di dinding kamarmu.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk cek kemampuan bahasa inggris, seperti mengisi Test Toefl, essays dll. Sesaat setelah kamu mengisi test tersebut maka akan terlihat hasilnya.

Demikianlah sedikit tips mengenai cara cepat belajar bahasa inggris di internet. Semoga dapat memberikan gambaran bagaimana cara belajar bahasa inggris yang benar dan mendapatkan hasilnya. Amin...

No comments:

Post a Comment