Saturday, May 2, 2015

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Cara cepat belajar bahasa inggris
Belum banyak yang mengetahi cara cepat belajar Bahasa Inggris yang sesungguhnya. Cara belajar yang monoton dan biasa tidak akan memberikan hasil yang baik. Sebagaimana yang telah kita pahami bersama, bahasa merupakan suatu kebiasaan. Bukan sesuatu yang hanya sekali dilakukan atau musiman. Oleh sebab itu, untuk menguasai Bahasa Inggris, harus ada prinsip membiasakan. Prinsip inilah yang menjadi dasar dari suksesnya menguasai Bahasa Inggris secara baik.

Pada tulisan ini saya akan memberikan setidaknya ada 11 cara cepat belajar Bahasa Inggris, berikut diantaranya :

Cintai

Cintai dulu yang namanya “Bahasa Inggris” itu. Kalau sudah cinta, pasti proses belajarnya akan mudah dan sangat menyenangkan. Ini lebih dari sekedar cara pertama dan prinsip menjiwai sangat berperan penting untuk hasil yang akan diraih nanti. So, love it first, then... start to action!

Kumpulkan materinya

Belajar tanpa materi ibarat kamu ingin berperang namun tidak menggunakan senjata. Bagaimana jadinya? Hehe. So, jika ingin memenangkan peperangan, haruslah lengkap dengan senjata dan tamengnya, lalu apa apa senjata dan tameng itu? Ya materi. Seperti Video, audio, buku pelajaran, kamus, buku latihan dll.

Jika materi yang diperlukan sudah siap, waktunya untuk belajar. Sedikit demi sedikit memahami materi dan mulai mempraktekkannya. Ada banyak sekali materi bahasa inggris yang bisa kamu dapatkan baik di internet atau pun di toko-toko. 

Set your goul

Tentukan tujuan dan prestasi yang ingin kamu capai dalam jenjang waktu yang tertentu, misal dalam setahun kamu sudah mengusai bahasa inggris secara baik dan seterusnya. Dengan menentukan tujuan, maka akan mudah bagimu untuk mencapainya. Tinggal kamu atur jadwal dan materi-materi yang akan kamu pelajari.

Adaptasikan Hobi

Apa yang menjadi hobi kamu saat ini? Membaca (reading), Mendengarkan musik (listening music) atau mungkin main game (playing games), bisa kamu jadikan sarana pembelajaran bahasa inggris secara langsung. Mendengarkan musik misalnya, dengan mendengarkan musik yang berbahasa inggris bisa membantu kamu dalam menghafal cara pengucapan (pronounciation) dan arti setiap kata yang ada di dalam sebuah lagu. Begitu juga dengan games, membaca dll. Cara-cara tersebut sepertinya sepele, namun ini efektif dilakukan sebagai salah satu cara belajar bahasa inggris senidiri di rumah.

Dengan Mendengarkan (listening)

Lebih dari sekedar mendengarkan musik. Belajar Bahasa Inggris pada tahap ini kamu harus punya materi pembelajaran berupa video atau audio. Ada banyak sekali video atau audio pembelajaran bahasa inggris yang bisa kamu dapatkan, baik di internet ataupun di toko-toko.

Dengan mendengarkan video atau audio secara rutin, kamu akan terbiasa dengan cara pengucapan yang ada dalam materi tersebut. Tentunya ini lebih mempermudah kamu pada tahap pembelajaran selanjutnya nanti yaitu speaking (berbicara)

Dengan Membaca (reading)

Umumnya, membaca adalah bagian terpenting dalam belajar. Begitu  juga bahasa inggris. Apa manfaat yang akan kamu dapatkan dari membaca? Tentunya banyak sekali, misalnya kosa kata baru, idioms dan sebagainya. Tidak ada yang menafikan bahwa Reading (membaca) adalah salah satu cara tercepat dalam belajar bahasa inggris. 

Materi bacaan bisa kamu dapatkan di internet seperti cerita-cerita pendek, novel, poetry dll. Atau mungkin di toko-toko buku seperti majalah, koran dan buku pegangan lainnya.

Dengan Menghafal

Mendengar dan membaca tidak selamanya dapat membantu. Kamu juga perlu menghafal setiap kosa kata baru. Cobalah untuk mencatat setiap kosa kata-kosa kata baru yang kamu dapatkan pada sebuah buku, buat target misalnya 5 kosa kata hafal dalam sehari. Coba hitung berapa kosa kata yang kamu hafal dalam sebualan, 2 bulan dan seterusnya.

Dengan Menulis (writing)

Cobalah untuk belajar menulis setiap kalimat dan buat kalimat demi kalimat baru sebagai pengembangan. Cara ini sangat efektif dalam mengingat pelajaran dan membiasakan kamu dalam menulis. 

Menulis merupakan metode pembelajaran tingkat lanjut yang berbeda dengan cara belajar bahasa inggris di sekolah. Lakukan cara ini setiap hari pada jadwal yang sudah kamu buat. Paling tidak 10-20 kalimat dari masing-masing kosa kata.

Manajemen waktu

Luangkan waktu setidaknya 4-5 jam dalah sehari untuk belajar bahasa inggris. Efektifkan waktu yang sudah kamu atur sendiri , apakah itu malam, sore atau pada subuh hari. Kondisikan dengan jadwal harian kamu tentunya.

Tutor/Partner

Tidak selamanya belajar bahasa inggirs akan mudah dilakukan secara sendiri. Sepertinya kamu perlu tutor atau secara umum guru untuk membantu proses belajar bahasa inggris. Mungkin kamu butuh sedikit dana untuk ini. Pikirkan matang-matang untuk mendatangkan seorang tutor. Karena ini berhubungan dengan budget. 

Contoh kecil belajar bahasa inggris dengan jasa tutor adalah belajar bahasa inggirs melalui kursus. Jika kamu tidak punya cukup dana untuk belajar bahasa inggris dengan jasa tutor, coba baca artikel tentang Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Melalui Internet

Monitoring Progress

Lakukan selalu monitoring terhadap progres ataupun hasil belajar kamu, harian, mingguan atau bulanan. Dengan mengetahui hasil belajar selama ini, apakah meningkat atau malah menurun. Jika meningkat maka terus dipertahankan atau ditingkatkan lebih baik lagi. Jika menurun, maka cari solusi untuk meningkatkannya.

Praktek

Apa yang paling terpenting dari setiap proses pembelajaran? Iya! PRAKTEK. Apapun yang kamu pelajari, yang kamu hafal, tulisa dan baca akan sia-sia tanpa praktek. Maka dari itu lakukan setiap hari PRAKTEK PRAKTEK PRAKTEK dan PRAKTEK untuk hasil yang maksimal. Ingat “Bahasa adalah kebiasaan” jadi biasakanlah!

Untuk menguasai Bahasa Inggris secara sempurna, baik Reading Skill, Listening, Speaking dan Writing memang perlu proses dalam jangka waktu yang lumayan. Tergantung dari kuat lemahnya kesungguhan kita untuk maju. Dengan mengetahui Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris yang tertulis di atas, semoga dapat mempermudah sobat untuk berhasil. Good Luck!

1 comment:

  1. Wahh makasih tips nya yah..

    kunjungi juga :
    http://englishsantai.blogspot.com/2016/09/kumpulan-kata-kata-bijak-dalam-bahasa-inggris.html

    ReplyDelete