Sunday, May 3, 2015

Tips Belajar Bahasa Inggris Sendiri di Rumah

Tips belajar bahasa inggris sendiri di rumah
Kemauan seseorang akan sesuatu biasanya sangat tinggi. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan karena beberapa hal yang menjadi kendala, seperti masalah dana, tutor, fasilitas dan materi yang tersedia. Hal ini juga terjadi terhadap belajar bahasa inggris sendiri ataupun otodidak di rumah.

Ada pepatah yang mengatakan “ Jika ada kemauan, pasti ada jalan”. Pepatah ini juga berlaku disini. Jika ada kemauan untuk belajar bahasa inggris meskipun dengan modal yang tidak memadai, tutor dan fasilitas, pasti akan ada solusi terbaiknya.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa inggris sendiri di rumah. Diantaranya sebagai berikut :


Set up your gouls

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan terlebih dahulu apa yang akan kamu capai sebagai hasil proses belajar. Kalau dalam organisasi disebut dengang “Visi”. Lalu, kamu buat sedetail mungkin tujuan-tujuan ataupun target-target kecil yang harus kamu capai dalam jangka waktu tertentu yang disebut dengan “Misi”. Nah, jika tujuan dan target kamu sudah jelas, maka proses pembelajaran akan lebih mudah dijalani.

Contoh “Visi”
Menguasai bahasa inggris secara baik dalam setahun

Contoh “Misi”
Target 1 Hari menghafal 10 kosa kata secara baik, arti dan pengucapannya, dll

Kamu perlu kamus bahasa inggris lengkap

Jangankan yang baru belajar, yang ilmu bahasa inggrisnya sudah advance saja masih perlu kamus. Oleh sebab itu, sisihkan lah sedikit dana untuk membeli kamus lengkap bahasa inggris yang nantinya dapat menjadi pegangan kamu dalam belajar.

Kamu juga perlu tambahan buku belajar

Ada banyak sekali buku-buku yang tersedia khususnya pembelajaran bahasa inggris. Kamu tidak bisa hanya mengandalkan kamus ketika belajar bahasa inggris sendiri di rumah. Sisihkan sedikit uang untuk membeli buku khusus belajar bahasa inggris. Jika sudah siap semua materinya, maka kamu sudah siap untuk belajar.

Set up your schedule

Pengaturan jadwal belajar yang baik bukan hanya membantu kamu dalam menguasai bahasa inggris, namun juga menempa untuk menjadi pribadi yang disiplin dan konsisten. Aturlah jadwal belajar mu secara baik, jangan sampai menggannggu aktifitas harian mu. Setidak 4-5 jam dalam sehari. Itu juga sudah terhitung baik. Namun perlu diingat, gunakan waktu tersebut sebaik mungkin.

Pengaturan waktu belajar yang baik adalah cara menididik diri sendiri untuk disiplin belajar. Belajar bahasa inggris itu harus konsisten. Konsistensi inilah yang menjadi pondasi cara cepat belajar bahasa inggris.

Tempel di dinding kamar

Ada baiknya untuk menempel berbagai topik yang kamu pelajari. Ini membantu kamu dalam mengingat pelajaran yang telah lewat.

Praktekkan

Satu hal yang lebih penting adalah, praktekan apa yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Ingat “Belajar tanpa praktek adalah nol”. Maka berusahalah untuk mengulang semua pelajaran yang telah lalu, agar selalu membekas di ingatan.

Lihat progresnya

Setelah sekian lama belajar bahasa inggris di rumah, lihat! Sudah sampai mana kemampuan berbahasa inggris mu? Jika belum memuaskan, berusahalah lebih keras untuk mencapai apa yang sudah kamu tergaetkan. Hingga ahirnya kamu merasa benar-benar terbiasa dengan bahasa inggris.

No comments:

Post a Comment